SEMINAR INTERNASIONAL ICERI 2013

Kunci sukses pendidikan adalah kemampuan pengajar untuk menggabungkan teori dan pengalaman praktik di dalam kelas. Teori saja tidak akan dapat menghasilkan kelas yang efektif, demikian juga praktik saja tidak akan menjamin pengajar menjadi efektif. Hal yang menunjukkan kesuksesan pendidikan adalah pengetahuan pengajar untuk memahami konten, kemampuaanya untuk menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai, kemampuan untuk tugas efektif, kemampuan untuk mendesain alat evaluasi dan asesmen yang sesuai, dan kemampuan untuk mengadaptasikan keberagaman tipe belajar siswa.

Efektivitas pendidikan di Indonesia masih dipertanyakan, karena tidak hanya berhubungan dengan kualitas metode-metode pengajaran, pembelajaran siswa, dinamika kelas, namun juga pelatihan guru. Dari berbagai faktor tersebut, maka tercetuslah ide untuk menyelenggarakan Seminar Internasional ICERI (Education Research andnd Innovation) 2013 dengan mengambil tema “Strengthening the Ties Between Education and Research”. Tujuan kegiatan ini guna menyebarluaskan ide, pengalaman dan hasil-hasil penelitian dalam pengelolaan penelitian pendidikan dari para dosen, peneliti, dan industri untuk peningkatan kualitas penelitian dalam rangka penemuan dan pengembangan ilmu. Demikian ungkap Prof. Wawan S. Suherman, M.Ed., selaku ketua ICERI 2013.

Seminar Internasional ICERI 2013 merupakan salah satu rangkaian kegiatan dies natalis UNY ke-49 yang terselenggaran atas kerja sama LPPM UNY dengan California State University (CHICO) USA, PASIAD, University of Northern Colorado, Universiti Pendidikan Sultan Idris, dan Education Research Consultant Australia. Seminar mengambil tempat di Ballroom Hotel UNY pada hari Kamis—Jumat, 16—17 Mei 2013. Acara secara resmi dibuka dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali oleh Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. dengan didampingi Ketua LPPM UNY Prof. Dr. Anik Ghufron.

Sebanyak 100 orang terdaftar sebagai pemakalah dan peserta memenuhi kursi yang telah disediakan panitia. Peserta berasal dari kalangan dosen dan mahasiswa dari lingkungan UNY, luar UNY, dan bahkan dari luar Jawa. Hadir sebagai keynote speaker Direktur Direktorat P2M Ditjen Dikti, Prof. Drs. Agus Subekti, M.Sc., Ph.D. yang menyampaikan topik bahasan “Trend and Issue of Education in Indonesia”.

Pada Sesi Panel pertama, hadir sebagai invited speaker Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA. (Rektor UNY) mengangkat topik “Education Research Development in Indonesia” dan Melissa Parker, Ph.D.  dari University of Northern Colorado (UNC) USA, mengangkat topik “Teacher Education Development: Informed Through Practice-Based Research”. Pada Sesi Panel kedua, diisi oleh Kevin G. Patton, Ed.D. dari CHICO USA dengan topik “Developing Education Research” dan Dr. Julisman Jani dari UPSI Malaysia dengan topik “New Trends in Education Research Methodologies”, kemudian dilanjutkan dengan sesi paralel yang dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing 1 ruangan.

Pada hari kedua seminar menghadirkan invited speaker, Dr. Unsal Ali (Director of Fethullah Gulen Chair) dengan topik “Innovative Research on Teaching and Learning”. Pembicara kedua menghadirkan Dr. Graham Dawson dari Education Research Consultant, Australia. Dawson mengangkat topik bahasan “Education Research Practice in Indonesia”. (ags)