DR. KOKOM KOMARIAH TAMBAH JAJARAN DOKTOR DI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BOGA

Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana resmi menambah doktor baru lagi setelah dilangsungkannya ujian terbuka promosi doktor atas nama Dra. Kokom Komariah, M.Pd. pada Senin (3/6/2013) lalu. Dengan mengangkat judul “Pengembangan Model Pembelajaran Pengolahan Makanan dalam Konteks Work-Based Learning (PM-WBL) di Industri Boga bagi Mahasiswa Program Diploma III”, Kokom Komariah berhasil mempertahankan desertasinya yang diuji oleh Prof. Dr. Sutari Imam Barnadib; Prof. Soenarto, Ph.D., Prof. Sukardi, Ph.D., Prof. Dr. Herminarto Sofyan, Prof. Pardjono, Ph.D., serta Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo sebagai ketua tim penguji.

Dalam penelitiannya, Kokom Komariah berhasil mengembangkan model PM-WBL yang terjadi karena adanya interaksi satu atau dua belas indikator belajar di tempat kerja. Komponen penting yang menjadi landasan model adalah komponen filosofis, teoritis, metodologis, dan classroom practice.

Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pembelajaran pengolahan makanan di industri selama ini sudah memberikan kegiatan dalam situasi yang nyata, namun masih ada masalah pada kontennya yang belum menyentuh teknik bagaimana mahasiswa dapat belajar di tempat kerja. Ditambah lagi masih adanya kelemahan dalam program Praktik Industri selama ini yang berasal dari mahasiswa, dosen, pembimbing, lembaga, dan industri. Dari penelitian ini, diketahui bahwa dalam pembelajaran di tempat kerja ini, kompetensi yang dapat dilatihkan di industri hotel adalah kompetensi pengolahan makanan dan employability skill.

Melalui model ini, Kokom Komariah menawarkan solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Model ini mempunyai keunggulan dan kelemahan dari input, proses, dan output serta memberikan manfaat uang besar bagi mahasiswa, dosen pembimbing, lembaga pendidikan, dan industri. Melalui penerapan PM-WBL ini, mereka mampu meningkatkan kompetensi mengolah makanan sesudah  melaksanakan model ini.

Disamping itu, model ini juga mampu meningkatkan aspek employability skills setelah melaksanakan PM WBL. Adapun respon stakeholders sangat positif dalam membangun sistem magang/praktik industri yang baru ini. Sementara Prof. Dr. Herminarto Sofyan selaku promotor menyampaikan bahwa model yang dikembangkan Kokom Komariah sangat selaras dengan Kurikulum 2013.

Dengan telah lulusnya Kokom Komariah, Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana FT UNY kini mempunyai tujuh doktor yang siap memperkuat jurusan tersebut. (adj)

Label Berita: