DOSEN BK FIP UNY TAMPIL DI CCE SHANGHAI

Eva Imania Eliasa, M.Pd, dosen Bimbingan dan Konseling FIP UNY, menghadiri Conference on Creative Education (CCE 2012)  yang diselenggarakan di Grand Mercure Baolong Shanghai dari tanggal 20 – 22 Mei 2012. Dalam konferensi itu Eva mempresentasikan paper berjudul  “Games as  A Method Of Creativity In Guidance and Counseling”.

CCE 2012 dihadiri oleh sekitar 150 peserta dan 100 pemakalah dari berbagai kalangan pendidikan. Pada hari pertama diselenggarakan sesi pleno, dengan menghadirkan tiga orang pembicara utama,  yaitu (a) Dr.  Randy L. Mitchell (James Madison University USA)  yang menyajikan makalah “Pathways to Student Success: Effective Transition, Decisions and Engangement, (b) Dr. Donna Sundre (James Madison University, US) menyajikan makalah berjudul “Pathways to Student and Institusional Success: Quality Assessment of Student Learning”,  dan (c) Dr.  Carol A.Hurney (James Madison University, USA) dengan judul “ Pathways to Faculty Success : Holistic and Innovative Professional Decelopment”. Pada hari kedua, mulai digelar sesi paralel dengan sejumlah 100 pemakalah dari berbagai negara. Sesi paralel dilaksanakan dalam empat kelompok (ruangan) sesuai dengan tema dan topik mkalah yang akan disajikan.
Pada sesi paralel, Eva Imania Eliasa berada pada kelompk (ruangan) B. Pada kelompok ini hadir perwakilan dari berbagai Negara,  di antaranya  Jandia Kam ling ( HongKong Polytechnic University), Gregory Ching (Lunghwa University of Science and Technology), Bin Bin Yu (Soochow University), Anna Lena Musiol (Criminological Research Institute),  Stefan Popenici (Macguire University), Yueh Luen ( National Chengci University), Markus Reowenstrunk (Aachen University), Gabriel Nsiah (Valley View University), Zoran Markovic (Univerity of Batswana),  dan Wong Fay (The University of Hong Kong)

Tema yang diangkat dalam CCE 2012 adalah “Creativity on Education”, oleh karena itu sebagian besar paper yang disampaikan adalah kreativitas dari berbagai ilmu pendidikan. Pada kesempatan ini Eva Imania menyajikan gagasan tentang pentingnya permainan sebagai metode kreativitas dalam Bimbingan dan Konseling. Paper ini merupakan hasil dari penelitian yang diangkat dari tesis pasca sarjana S-2 Bimbingan dan Konseling.

Eva menjelaskan bahwa kreatifitas merupakan tuntutan pendidikan dan kehidupan pada saat ini dan saat yang akan datang. Kreatifitas akan menghasilkan berbagai inovasi dan perkembangan baru. Individu dan organisasi yang kreatif akan selalu dibutuhkan oleh lingkungannya, karena mereka mampu memenuhi kebutuhan lingkungannya yang terus berubah. Individu dan organisasi yang kreatif akan mampu bertahan dalam kompetisi global yang dinamis dan ketat.
Kreativitas yang dikemas dalam bentuk permainan sangat mempengaruhi personalitas. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa permainan mempunyai fungsi yang kompleks sehingga memungkinkan  guru Bimbingan dan Konseling untuk mengelola permainan menjadi media  kreativitas dalam pemberian layanan. Di sampung itu, permainan juga menjadikan siswa lebih kreatif dan inovatif dalam belajar. (eva&ant/aw)